Jumat, 04 Desember 2009

Pengalaman menggunakan internet




Tulisan ini saya tulis berdasarkan pengalaman dalam menggunakan berbagai jenis instrumen yang dapat mengkoneksikan komputer saya dengan internet. Itung-itung berbagi pengalaman dengan yang lainnya, semoga dapat membantu anda yang sedang mencari layanan internet yang sesuai dengan kebutuhan.
1. Speedy
Produk yang satu ini saya coba berawal dari promosi yang diberikan saat bulan Ramadhan. Promo yang diberikan sangat menggiurkan sekali, bayangkan kita bisa menikmati internet dengan kecepatan download menggunakan IDM (Internet Download Manager) mencapai 70-80 Kbps dengan gratis dari jam 20.00 s/d 08.00. Bagi pengguna internet di Indonesia hal ini merupakan tawaran yang menggiurkan. Promo saya nikmati 3 bulan lamanya, kemudian setelah itu saya harus membayar Rp 200.000 tiap bulannya.
2. Telkomsel Flash
Untuk yang satu ini saya harus berkorban diawal penggunaannya, hal ini disebabkan produk ini memerlukan modem yang harganya lumayan menguras kocek. Saya harus mengeluarkan uang Rp 1.150.000 (waktu itu masih mahal karena model penggunaan internet ini baru diluncurkan di Indonesia) untuk sebuah modem kecil (sebesar HP nokia 8250). Saat tulisan ini dibuat harga modem ini harganya sudah jatuh menjadi Rp 700.000 (hanya berselang 2-3 bulan setelah pembelian dengan harga Rp 1.150.000). 1 bulan pertama penggunaan Flash cukup memuaskan (dalam arti kata sssesuai dengan yang dipromokan) kecepatan rata2nya mencapai 29-32 Kbps dengan menggunakan IDM, tetapi setelah bulan ke 2 kecepatannya sangat jatuh drastis menjadi 7-10 Kbps. Mikir lagi deh dengan biaya Rp 125.000 perbulan kecepatan yang didapat hanya segitu, cape deh. Setelah tau bahwa pelayanan Tel Flash hanya bagus di awal, akhirnya saya memutuskan untuk BERHENTI. Jadinya cari lagi deh cara untuk mendapatkan layanan internet dengan biaya murah tetapi berkualitas.
3. Indosat GPRS 5000
Info ini saya dapatkan dari tanyangan iklan Indosat, awalnya sih ga percaya masa ada yang ngasih kita 250 menit berinternet ria hanya dengan membayar 5000 rupiah dengan rentang waktu 4 hari (pulsa internetnya langsung hangus, ga ada akumulasi) kalo ga salah lo. Ternyata setelah mencobanya baru deh percaya, dengan kecepatan download 28-31 Kbps (hampir sama dengan Tel Flash waktu masih bagus) menggunakan IDM saya terkean dibuatnya, tapi ternyata layanan kalau malam agak rewel (banyak disconnectnya) jadi bagusnya hanya di pagi dan siang hari saja. Bagi anda pecinta browsing di dunia maya mungkin layanan ini sangat cocok, dari pada ke warnet 1 jam udah ngabisin 3.000-4.000 rupiah sayang kan. Oh iya lupa kalau anda ingin menikmati layanan ini anda juga harus mempunyai modem GSM yang harganya lumayan itu lo he he he.
4. Speedy multi paket (saya ambil yang paket Chat)
Setelah berhenti dari penggunaan speedy karena mahal, tiba-tiba ditahun 2009 speedy mengubah program layanannya menjadi multi paket (maksudnya banyak paket yang bisa dipilih oleh pelanggan) harganya bermacam-macam anda bisa melihatnya di situs resminya ( www.telkomspeedy.com ). Akhirnya saya coba deh yang paket chat, karena niat awalnya mau banyak ngedownload pilm, biaya yang harus keluar di awal adalah Rp 99.000 untuk modem + bulan pertama gratis. Biaya perbulannya Rp 145.000 perbulannya dengan batas waktu penggunaan internet hanya 50 jam saja tiap bulannya, lumayan lah.
Sampai dengan tulisan ini dibuat saya masih menggunakan layanan Indosat GPRS dan Speedy paket Chat.

0 komentar: